Workshop Strategi Menghadapi Fenomena Perubahan Iklim di Indonesia

Latar Belakang

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kondisi sumber daya alam menjadi salah satu negara yang rentan terhadap ancaman perubahan iklim. Perubahan iklim menyebabkan dampak negatif di berbagai aspek lingkungan, diantaranya kenaikan suhu permukaan bumi, perubahan curah hujan, kenaikan muka air laut, serta peningkatan frekuensi fenomena iklim dan cuaca ekstrim. Fenomena perubahan iklim yang telah terjadi di Indonesia antara lain perubahan pola hujan dalam satu tahun, peningkatan frekuensi bencana klimatologis, dan dinamika lingkungan di wilayah pesisir.

Upaya meminimalkan dampak dari perubahan iklim di Indonesia dapat dilakukan melalui mitigasi dan adaptasi. Mitigasi adalah mengkaji tentang upaya untuk mengendalikan penyebab terjadinya perubahan iklim, sedangkan adaptasi lebih difokuskan pada kajian upaya dalam menghadapi efek perubahan iklim. Studi tentang mitigasi dan adaptasi sangat diperlukan oleh berbagai pihak agar terjadi peningkatan pemahaman dan kesadaran tentang peranan masing-masing dalam upaya mengurangi dampak atau bencana akibat perubahan iklim. Salah satu bentuk studi yang ditawarkan oleh Pusat Studi Perubahan Iklim dan Kebencanaan (PuSPIK) Universitas Islam Indonesia (UII) adalah melalui kegiatan workshop.

Workshop untuk Menghadapi Perubahan Iklim di Indonesia

Oleh sebab itu, PuSPIK di bawah Prodi Teknik Lingkungan UII akan mengadakan workshop yang bertemakan “Strategi Menghadapi Fenomena Perubahan Iklim di Indonesia”. Workshop ini diadakan dalam rangka meningkatkan kembali peran Pusat Studi Perubahan Iklim dan Kebencanaan (PusPIK) dalam mengatasi isu perubahan iklim melalui rekayasa lingkungan. Selain itu, workshop ini bertujuan untuk memperbaharui dan membagi informasi terkait isu perubahan iklim dari sisi akademisi, praktisi dan institusi pemerintahan. Sasaran peserta workshop ini adalah mahasiswa, akademisi, instansi pemerintah. Diharapkan dari workshop ini dapat memberikan keluaran berupa program kolaborasi bersama dalam menghadapi dampak perubahan iklim antara PuSPIK dan stakeholder.

Bagi Anda yang berminat mengikuti workshop ini, dapat menghubungi salah satu contact person berikut:
– 085729828684 (ILYAS)
– 081258003230 (NOVA)
Workshop ini tidak dipungut biaya alias gratis. Walaupun begitu, kuota peserta sangat terbatas. Sehingga, siapa yang lebih cepat mendaftar dialah yang dapat mengikuti workshop langka ini. Pendaftaran paling lambat tanggal 29 September 2017.