Pendampingan Pengelolaan Air Hujan Bagi Masyarakat Sekitar Kampus Terpadu UII

1. JUDUL DAN BENTUK KEGIATAN PENGABDIAN
Judul kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah : “Pendampingan Pengelolaan Air Hujan Bagi Masyarakat Sekitar Kampus Terpadu UII”.
Kegiatan ini kami laksanakan dalam bentuk penyuluhan dan praktek pembuatan biopori dengan mengutamakan izin pada pihak terkait, pemberian sejumlah tong sampah kepada masyarakat, dan juga melaksanakan kegiatan bersih- bersih disekitar kampus UII.

2. ANALISIS SITUASI
Upaya pengelolaan air perlu segera ditingkatkan dalam rangka menanggulangi krisis air dan menjaga kelestariannya. Upaya pengelolaan air dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB). Tujuan utama pengelolaan air adalah meningkatkan volume air tanah, meningkatkan efisiensi pemakaian air, dan memperbaiki kualitas air sesuai peruntukannya. Pengelolaan air permukaan dilakukan dengan cara pengendalian aliran permukaan, pemanenan air hujan, dan peningkatan kapasitas infiltrasi tanah.

3. RUMUSAN MASALAH KEGIATAN PENGABDIAN
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan bagaimana pengelolaan air hujan secara terpadu dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat juga sebagai sarana pengabdian masyarakat di daerah sekitar kampus terpadu UII.

4. TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN PENGABDIAN
Kegiatan ini bertujuan untuk :
• Mengenalkan dan mensosialisasikan pengelolaan air hujan dengan menggunakan biopori bagi masyarakat sekitar kampus terpadu UII
• Memberikan penyuluhan pembuatan biopori sebagai sarana pengelolaan air hujan bagi masyarakat sekitar kampus terpadu UII
• Mendampingi masyarakat dalam pengelolaan air hujan secara berkelanjutan bagi masyarakat sekitar kampus terpadu UII
Manfaat kegiatan ini :
• Pengelolaan air hujan terpadu bagi masyarakat sekitar kampus terpadu UII

5. METODE PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN
1) Pendampingan Pengelolaan Air Hujan (Pembuatan Biopori)
• Lokasi : Dusun Ngemplak II dan Dusun Wonosalam Kelurahan Wonosalam, Jalan Kaliurang KM 15 Sleman Yogyakarta
• Waktu Pelaksanaan : Minggu, 9 November 2013
• Program dan Target :
1 Pemetaan wilayah dan masalah. Target: terinventarisasikannya masalah terkait sumberdaya air. Inventarisasi terpetakan di setiap lingkungan
2 Sosialisasi dan bimbingan pembuatan biopori. Target: terbentuknya kesadaran pelaksanaan pengelolaan air hujan dan pemahaman bagaimana model pelaksanaannya.
3 Pelaksanaan pengelolaan air hujan (pembuatan biopori). Target: pembangunan fisik model pengelolaan air hujan dalam bentuk pembuatan biopori di beberapa spot lokasi yang sudah didapat
4 Evaluasi dan Perencanaan keberlanjutan kegiatan. Target: terbentuknya kebijakan atau peraturan desa tentang pengelolaan air hujan dengan mengadakan lubang resapan biopori

2) Peletakan Tong Sampah
• Lokasi : Area Jalan Kampus UII Terpadu
• Waktu Pelaksanaan : Minggu, 19 Oktober 2013
• Program dan Target : Program yang dilaksanakan berupa pembagian sejumlah tong sampah yang telah dihias dan dicat oleh panitia pelaksana ke beberapa titik di area Jalan Kampus UII Terpadu. Tong sampah yang dibagikan dibedakan berdasarkan jenis sampahnya, yaitu tong untuk sampah organik dan tong untuk sampah anorganik.

3) Bersih- bersih Kampus Terpadu UII
• Lokasi : Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
• Waktu Pelaksanaan : Minggu, 19 Oktober 2013
• Program dan Target : Program bersih- bersih kampus dilaksanakan dengan menyusuri daerah sekitar UII dan mengumpulkan sampah yang berserakan dijalanan.

6. PERSONALIA PELAKSANA KEGIATAN PENGABDIAN
Project Officer : Citra Endah Nur Setyawati
Adam Ikhya Alfarokhi
Organizing Comitte :
– Tim PuSPIK
– Panitia Lintas Lingkungan 2013

7. HASIL KEGIATAN
A. Pendampingan Pengelolaan Air Hujan (Pembuatan Lubang Resapan Biopori)
Kegiatan ini terlaksana pada hari Sabtu 19 November 2013, mundur 1 bulan dari target pelaksanaan yaitu tanggal 19 Oktober 2013 dikarenakan di Desa Wonosalam sedang ada pergantian perangkat desa sekaligus kepala desanya.
Kegiatan dimulai pelaksannaanya pada pukul 08.00 tepat di dua lokasi yaitu Dusun Ngemplak II dan Dusun Wonosalam Kelurahan Wonosalam, Jalan Kaliurang KM 15 Sleman Yogyakarta. Peserta pelaksanaan langsung menuju 5 titik lokasi pembuatan lubang resapan biopori setelah mengadakan upacara pembukaan dengan kepala dusun masing-masing. Ke lima titik lokasi pembuatan lubang resapan biopori merupakan lokasi dimana ketika hujan datang maka di lokasi tersebut akan tergenang air dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan genangan air di lokasi tersebut yang mengurangi kenyamanan tinggal bagi warga setempat.
Setelah pembuatan lubang resapan biopori terlaksana, peserta pelaksanaan mengadakan makan bersama di rumah kepala dusun Wonosalam. Setelah makan bersama, peserta dan panitia pelaksanaan segera menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk keperluan penyuluhan Lubang Resapan Biopori ke warga setempat. Penyuluhan diadakan di rumah Kepala Dusun Wonosalam yang dihadiri sekitar 50 peserta penyuluhan yang dalam jumlah tersebut terdiri dari peserta pelaksanaan dan perwakilan warga dan pemuda setempat. Warga sangat atusias dalam mengikuti penyuluhan dan bahkan justru memberikan masukan untuk ke efektifan lubang yang dibuat di area-area tertentu yang seharusnya lebih di utamakan untuk pembuatan lubang nya tersebut.
B. Peletakan Tong Sampah
Kegiatan ini dilaksanakana pada tanggal 19 Oktober 2013 bertempat di area jalan utama kampus terpadu UII. Tong sampah yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu organik dan anorganik di letakkan masing-masing 1 pasang di 5 lokasi di area jalan utama kampus UII terpadu. Peletakan tong sampah dilaksanakan setelah tong sampah di hias secara kreatif oleh peserta pelaksana kegiatan. Ke 5 lokasi tersebut adalah
C. Bersih-Bersih Kampus
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2013, dilakukan setelah peserta pelaksanaan menghias tong sampah dan meletakkannya di 5 lkasi peletakan. Dalam pelaksanaannya peserta dibagi menjadi 3 tim yang masing-masing tim akan melewati jalur yang berbeda. Selama setiap tim melewati jalur tersebut, setiap anggota tim wajib memunguti sampah yang ditemukan dan memasukkannya ke dalam trashbag yang sudah disediakan.
Kegiatan berjalan dengan lancar dikarenakan cuaca yang sangat mendukung untuk melaksanakannya.

8. DOKUMENTASI KEGIATAN









 

oleh Adam Ikhya (2014)